Meningkatkan Filesystem Ukuran Cache Memory Windows 7

File pada sistem operasi berbasis Windows NT memanfaatkan keterbatasan pada kernel buffer yang hal ini dapat memperlambat atau bahkan dapat menghentikan file operasi pada Windows jika buffer ini penuh sehingga tidak dapat menerima operasi file yang baru. Penggunaan memori buffer dapat ditingkatkan dari baris perintah melalui jendela command prompt atau Windows Registry. Teori di atas jika dalam situasi operasi banyak file, berguna dalam setiap situasi dengan meningkatnya jumlah operasi baca tulis.

Mengubah pengaturan dengan meningkatkan non-paged penggunaan memori dan paged dari buffer yang menunjukkan bahwa tweak ini hanya harus digunakan jika memori sistem cadangan cukup tersedia pada PC TechNet.

Microsoft menawarkan gambaran sebagai berikut dari nilai memoryusage:

Configures the internal cache levels of NTFS paged pool and NTFS non-paged pool memory. Set to 1 or 2. When set to 1 (the default), NTFS uses the default amount of paged pool memory. When set to 2, NTFS increases the size of its lookaside lists and memory thresholds. A lookaside list is a pool of fixed-size kernel memory buffers that the kernel and device drivers create as private memory caches for file system operations, such as reading a file.

Caranya jika anda menggunkan jendela command prompt perintahnya sebagai berikut ” Perintah berikut untuk meningkatkan batas paged pool memory:

fsutil behavior set memoryusage 2

jika untuk mengembalikan pengaturan sebelmnya anda cukup mengganti nila 2 menjadi satu

fsutil behavior set memoryusage 1

Cara ke 2 jika anda melakukanya melalui jendela registry caranya sebagai berikut :
buka jendela registry selanjutnya cari alamat registry dibawah ini

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM \CurrentControlSet\Control\FileSystem

Meningkatkan Filesystem Ukuran Cache Memory Windows 7

kemudian cari pada jendela registry sebelah kanan pada ” NtfsMemoryUsage ” dan klik 2 kali file tersebut rubah nilai 0 menjadi 2 sebagai default adalah nilai 1.

Untuk merasakan hasilnya silahkan restart komputer anda. Pengaturan ini tersedia di semua sistem berbasis Windows NT saya telah memverifikasi bahwa tersedia di Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server line. Untuk pengguna Windows XP anda bisa mencoba menerapkanya apakah itu juga tersedia dalam sistem operasi tersebut. http://www.netmild.com/2010/07/meningkatkan-filesystem-ukuran-cache-memory-windows-7.html