Membuat System Restore Point di Windows 7 dan Vista

Membuat sebuah system restore point pada Windows, merupakan sebuah hal yang penting bagi Anda. Dengan membuat sebuah system restore point, Anda dapat mengembalikan (me-restore) kondisi Windows Anda ketika restore point tersebut dibuat. Sebagai contoh, mislakan Anda menginstall sebuah program baru pada komputer. Ketika selesai menginstall program tersebut, komputer mengalami crash atau tidak berjalan seperti biasanya. Apabila kebetulan Anda membuat sebuah system restore point sebelum menginstall program terebut, maka Anda dapat mengembalikan keadaan Windows Anda sebelum menginstall program terebut. Oleh karena penting sebuah system restore point, saya sarankan Anda selalu melakukannya sebelum melakukan perubahan atau menginstall program baru pada komputer Anda.

Bagaimana cara membuat sebuah system restore point di Windows? Pada artikel komputer kali ini, saya akan membahas langkah-langkah membuat system restore point pada Windows 7 dan Vista. Mungkin cara membuat sebuah system restore point di Windows XP, banyak dari Anda yang sudah mengerti. Untuk lebih singkatnya, berikut langkah-langkah membuat system restore point pada Windows 7 ataupun Windows Vista:

  1. Klik kanan pada icon My Computer di dektop dan pilih menu Properties untuk membuka jendela System pada Control Panel. Anda juga bisa menggunakan shortcut Windows+Pause/Break untuk membuka jendela System

    Menu Properties

  2. Disebelah kiri jendela System, klik menu System Protection untuk membukan jendela System Properties Windows 7 atau Vista.

    Menu System Protection

  3. Pada jendela System Properties, pilih drive yang akan Anda buat system restore point-nya dan klik tombol Create.

    Buat System Restore Point

  4. Selanjutnya akan muncul sebuah jendela yang meminta Anda untuk memberikan nama atau keterangan bagi restore point yang Anda buat. Berikan nama sesuai dengan yang Anda inginkan atau mudah dimengerti dan klik tombol Create.

    Nama Restore Point

  5. Proses pembuatan restore point akan dimulai. Tunggu hingga proses ini selesai dengan ditandai sebuah Message Box muncul dan memberitahukan jika proses telah selesai.

Sekian cara membuat system restore point pada Windows 7 dan Vista. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
http://www.mypc-spot.com/2010/07/cara-membuat-system-restore-point-di-windows-7-dan-vista.html