Batasi Hak Akses Program di Komputer

Mungkin aneh melihat judul artikel ini. Mengapa kita harus membatasi hak akses program ? Jawabannya adalah karena membatasi hak akses program dapat meningkatkan keamanan komputer dari serangan malware. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika kita logon dalam modus administrator maka seluruh program-program yang ada di komputer juga ikut mendapatkan hak administrator. Hal ini sangat berbahaya karena misalnya saat kita mengunjungi situs tertentu yang penuh dengan malware maka browser tersebut akan mempersilakan malware tersebut meng-install dirinya ke dalam komputer kita. Saya menemukan cara untuk membatasi hak akses program.

Agar program tidak mendapatkan hak administrator, kita harus logon dalam modus terbatas (limited mode). Tetapi akibatnya semua program akan mendapatkan hak akses terbatas. Mungkin saja kita masih membutuhkan hak administrator untuk program terterntu. Jadi cara tersebut mungkin tidak dapat digunakan.

Cara terbaik adalah logon dengan modus administrator dan membuat pengecualian pada program tertentu agar tidak ikut mendapatkan hak administrator. Untuk membuat pengecualian pada program tertentu, kita menggunakan aplikasi bernama PsExec yang bisa di-download di sini. Cara penggunaannya dapat dilihat di bawah ini dengan Internet Explorer sebagai contoh program yang ingin dibatasi hak aksesnya.

  1. Download PsTools
  2. Extract filenya terutama PsExec di C:\
  3. Klik kanan pada desktop lalu New->Shortcut
  4. Copy dan paste tujuan shortcut berikut ini : “c:\psexec.exe” -l -d “c:\Program Files\Internet Explorer\iexplore.exe (dengan tanda kutip)
  5. Rename nama shortcut tersebut sesuai keinginan, misalnya Internet Explorer

Langkah-langkah di atas tadi merupakan cara membatasi hak akses pada Internet Explorer. Untuk membatasi program yang lainnya, cukup dengan mengganti bagian shortcut yang dicetak tebal. Sebagai contoh, bila kita ingin membatasi hak akses pada Mozilla Firefox yang ter-install pada drive D maka kita masukkan shortcut : “c:\psexec.exe” -l -d “d:\Program Files\Mozilla Firefox\firefox.exe (dengan tanda kutip). Program lain dapat disesuaikan.