Ym –an di warnet

Menggunakan Yahoo Messenger di Warnet, Berbahaya?

Menggunakan Yahoo Messenger Di Warnet ( Warung Internet ) ternyata bisa berpotensi bahaya. Bahaya yang saya maksud adalah beberapa informasi yang seharusnya menjadi milik kita Pribadi dan orang yang kita ajak Chatting bisa bocor dan di baca oleh orang lain tanpa harus Login. Bagaimana itu bisa Terjadi..??

Fasilitas yang tersedia di Warnet adalah termasuk fasilitas umum yang bisa digunakan oleh siapapun Pelanggan Warnet Tersebut. Apapun yang kita lakukan dengan fasilitas yang di sediakan oleh Warnet, entah itu Browsing, Chatting, Blogging ataupun segala bentuk aktifitas lainnya baik itu dalam hal Internet Sehat ataupun hanya membuka Video porno, bisa saja terpantau oleh Admin Warnet atau bahkan oleh user lain.

Lantas apa hubungannya antara rentannya penggunaan internet di Warnet dan Chatting menggunakan Yahoo Messenger…? Yahoo Messenger adalah Software Chatting Gratisan dari Yahoo yang merupakan Software yang paling banyak di gunakan oleh sebagian besar pengguna Internet untuk melakukan Live Chat atau Interactive Chat. Lihat saja sebagian besar pemilik Situs ataupun Blog menampilkan status YM mereka pada halaman Blog / Web agar para pembaca bisa melakukan Contact secara Interactive ketika si  Pemilik Blog atau Web Sedang Online.

Secara default, Software Yahoo Messenger menyimpan semua aktifitas Chatting yang terjadi selama si pengguna Online. Semua aktifitas tersebut tersimpan ke dalam sebuah file di dalam folder C:\Program Files\Yahoo!\Messenger\Profiles dengan Extensi .DAT. Sebenarnya File arsip tersebut telah di Encode sehingga tidak bisa di buka jika kita tidak Login. Jika kita tetap mengeksekusinya dengan Notepad atau Word, maka yang muncul adalah kumpulan karakter tak beraturan.

Akan tetapi dengan menggunakan Software tertentu, file arsip tersebut dapat dibuka dan di baca dalam format text atau html tanpa harus melakukan Login. Contoh Software yang saya maksud adalah "Yahoo Messenger Chat Archive Decoder" atau Software lain sejenis yang bisa anda cari di Internet .Dengan begitu semua riwayat Chatting yang pernah kita lakukan menggunakan komputer tersebut akan terbaca tanpa harus Login terlebih dahulu.

Jadi ketika kita Chatting menggunakan Fasilitas Umum seperti warnet , maka alangkah baiknya agar kita tidak membicarakan hal hal yang bersifat penting seperti nomer rekening, Password, dan lain lain.

Meskipun begitu, kita bisa menonaktifkan fasilitas pengarsipan secara otomatis jika memang kita membutuhkannya. Menonaktifkan pengarsipan ini adalah salah satu cara untuk mengamankan Arsip Yahoo messenger anda agar tidak tersimpan kedalam Hardisk. Caranya adalah sebagai berikut
  • Login menggunakan Yahoo Messenger anda
  • Pilih menu "Messenger" ,  "Preferences" ( Ctrl + Shift + P )
  • Pilih menu kategori Archive, Pada kolom Kanan pilih "NO, do not save any of my messeges"
  • Klik OK.

OpenSource dan Free Software