TIPS Cara Memeperpanjang Umur Daya Baterai Laptop

Satu lagi tips buat yang pakai komputer laptop,untuk menjaga  atau sebagai perawatan perangkat komputer Anda agar awet dipakai.

Baterai Laptop sering di gunakan seenaknya.Maksudnya,ketika masih agak penuh,baterai sudah diisi ulang.Ada pula orang yang mencabut pengisi ulang sebelum baterai terisi penuh.Alasan mereka memperlakukan baterai laptop-nya seperti itu cukup beragam.Ada yang bilang sibuk sehingga tak sempat menunggu baterai terisi penuh.Ada pula yang berargumen bahwa baterai yang di gunakan sudah menggunakan ion lithium ( lithium ion )sehingga bisa di cabut pasang kapan saja.

Benar adanya bahwa baterai ion lithium bisa diisi ulang kapan saja.Pengisian ulang juga bisa dihentikan kapan saja ,termasuk ketika baterai belum penuh.Baterai nikel metal tidak begitu.Baterai nikel metal harus diisi ulang ketika sudah”matot” alias mati total dan harus di cabut ketika baterai sudah penuh.
Ada dampak buruk juga kalau baterai ion lithium tidak diisi ulang  ketika belum kosong dan di cabut saat belum penuh.Pola penggunaan seperti itu tetap berdampak pada performa dan umur baterai.Siklus hidup baterai menjadi semakin cepat sehingga mendekati”masa pensiunnya”.

Guna mengantisipasi masalah itu,beberapa produsen laptop menyediakan peranti lunak kalibrasi yang secara otomatis dapat mengoptimalkan baterai agar bekerja lebih optimal.Cara kerja peranti lunak tersebut,pada dasarnya,adalah mengisi baterai hingga penuh dan akan menggunakannya hingga baterai habis.itu saja.
Bagaimana kalau laptop yang ada tidak disertai dengan peranti lunak kalibrasi seperti yang telah di sebutkan? cobalah ikuti trik berikut ini untuk melakukan kalibrasi pada baterai laptop.
Berikut ini detail cara kalibrasi baterai secara manual di window vista.

  1. Buatlah sebuah profile daya baru dengan menjalankan Control Panel dengan mengklik [Start]>[Control panel]>[Mobile PC]>[Power Options].
  2. Klik[Create a Power plan] pada panel kiri jendela.
  3. Pada kolom Plan name masukkan Calibration.
  4. Setelah itu,pada semua opsi yang tersedia,pilih [Never] dan klik tombol [Create].
  5. Sekarang,aktifkan profile daya yang telah di buat dan isi ulang baterai laptop sampai terisi seratus persen.
  6. Setelah baterai terisi penuh,cabut catu daya dan biarkan laptop berada dalam kondisi nganggur ( Idle )tanpa suatu aktivitas apapun.Apabila baterai hampir habis dan laptop meminta agar baterainya diisi ulang,abaikan saja.Biarkan sampai laptop mati dengan sendirinya karena kehabisan daya.
  7. Setelah proses di atas berhasil di lalui,berarti Anda sudah berhasil mengalibrasi baterai laptop.Silahkan isi kembali daya baterai dan gunakan seperti biasa.