Mempercepat Kinerja Windows XP Dengan Mematikan Pengindeksan File

Pengindeksan File pada Windows XP

Pengindeksan File pada Windows XP

Pada artikel yang lalu, saya telah menulis bagaimana cara mempercepat kinerja harddisk di windows XP, pada lain kesempatan juga ada sedikit info tentang bagaimana melakukan tweaking windows 7. Walaupun info kali ini mungkin info yang sudah diketahui banyak orang secara umum, tapi tak ada salahnya kan klo menuliskannya disini, hehe, itung-itung buat nambah jumlah postingan.

Ok, kita mulai saja. Pengindeksan file adalah salah satu layanan windows sebagaimana yang lain, layanan ini benar-benar tidak berguna (kecuali jika kamu melakukan banyak pencarian di komputermu). Kebanyakan pengguna tidak memakainya, adalah suatu ide yang bagus untuk mematikannya untuk mempercepat kinerja membuka dan menutup file atau folder di windows XP.

Cara Mematikan Pengindeksan File

Pergi ke “My Computer” dan klik kanan pada drive hardiskmu dan pilih “Properties”. Di jendela yang terbuka kamu akan melihat sebuah kotak dengan tanda centang (v) yang bertuliskan “Allow Indexing Service to index the disk for fast file searching”, hapus tanda centang itu.

Klik “OK” dan selesai! Komputermu akan sedikit lebih cepat setelah restart.