Firefox 4.0 : Lebih cepat dan powerful

Director Firefox, Mike Beltzner mengatakan bahwa telah terjadi perubahan rencana terhadap Firefox 3.7 yang akan dirilis, karena versi tersebut telah diubah menjadi Firefox 4.0. Dimana Firefox 4.0 dibuat untuk lebih bersaing dengan Microsoft Internet Explorer dan Google Chrome.



Terkadang produsen software tidak akan mengatakan kepada publik sampai software tersebut selesai pembuatannya, tetapi Mozzila sedikit berbeda. Beltzner menulis pada blognya, bahwa Mozzila bekerja dengan terbuka, mensosialisasikan rencana mereka terlebih dahulu sehingga mereka bisa mendapatkan feedback dan membuat seluruh dunia menunggu kehadiran teknologi baru dari Mozzila .

Dalam presentasinya Beltzner mengatakan default theme untuk firefox akan lebih simple, dan lebih sedikit kontrol untuk melakukan navigasi pada browser, dan juga lebih sedikit pixels pada halaman browser sehingga dapat meningkatkan kecepatan pada saat melakukan pencarian. Firefox 4 juga memiliki kemampuan untuk menyimpan data berupa password dan pengaturan untuk website yang sering dikunjungi oleh pengguna.

Jika pada versi-versi sebelumnya, apabila kita menginstall add on pada browser maka kita harus diwajibkan restart, maka akan berbeda dengan Firefox 4 ini. Pengguna dapat menginstall add on tanpa harus restart browser. Versi terbaru dari Firefox ini juga akan dioptimalkan untuk penggunaan HTML5, yang merupakan bahasa pemograman yang digunakan untuk membangun website di masa depan. Mozzila merencanakan bahwa Firefox 4.0 akan segera rilis pada bulan oktober atau november tahun ini.