Bahaya Rokok Terhadap IQ dan Kemampuan Berpikir

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang bahaya rokok terhadap kemampuan berpikir dan juga dapat menurunkan IQ dapat membaca artikel di bawah ini

no-smoking Orang yang merokok saat berusia muda secara terus menerus, maka kemampuan IQ nya akan lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok, itu merupakan hasil studi yang dilakukan dengan 20.000 orang perokok berusia muda. Orang yang merokok 1 bungkus atau lebih dalam sehari, rata-rata kemampuan IQ nya 7,5 kali lebih rendah dibandingkan mereka yng tidak merokok.

Rata-rata perokok muda tersebut berusia antara 18-21 tahun dan mereka hanya memiliki IQ 94, sedangkan mereka yang tidak merokok rata2 IQ nya 101. dalam kasus mereka yang merokok lebih dari satu bungkus perhari IQ nya rata2 hanya mencapai 90, sedangkan rata2 orang yang tidak merokok diusia tersebut memiliki IQ antara 84-116. Meskipun keadaan lingkungan disekitar mereka sama, namun perbedaan tersebut memang sangat mencolok. Hasil studi ini berasal dari penelitian yang dilakukan oleh Sheba Medical Cnter di Rumah Sakit Tel Hashomer, Israel setelah melakukan studi terhadap 20.000 orang perokok laki2.

Dr Mark Weiser yang memimpin penelitian tersebut mengatakan bahwa tidak jelas apakah yang menyebabkan IQ rendah adalah merokok, ataukah orang dengan IQ rendah cenderung untuk merokok, namun itu adalah studi yang cukup mudah. kami menggunakan data cross sectional yang membandingkan tingkat IQ dan kegiatan merokok dan didapatkan hasil bahwa mereka yang merokok memang memiliki tingkat IQ yang lebih rendah.

Pada tahun 2004, peneliti dari University of Aberdeen juga menemukan kemungkinan adanya hubungan antara merokok dan mengurangi fungsi mental. dan saat ini masih dilakukan penelitian kembali apakah asap rokok dapat menyebabkan stree aksidatif yang menyebabkan perubahan DNA pada manusia.